Kamis, 27 September 2012

Google Plus vs Facebook, Menang Siapa?

Baru-baru ini kita telah mengenal Google Plus. Sebagian dari kita memang sudah menggunakannya disamping situs jejaring sosial lainnya yang telah kita gunakan seperti Facebook dan Twitter. Tentunya diantara kita ada yang sekedar coba-coba untuk menggunakan Google Plus tersebut dan ada juga yang mungkin menemukan hal lebih sehingga lebih menyukai Google+ ini.
Dibanding dengan Facebook yang selama ini kita kenal, Google Plus memang punya kesan wah tersendiri. Kecuali di Indonesia, di luar khususnya di daerah munculnya Google Plus ini mendapatkan sambutan yang demikian pesat. Bahkan ada yang sampai mengatai bahwa Google Plus inilah yang akan menyikat Facebook nantinya.

Namun dari itu semua, antara Facebook dan Google Plus ini memang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dan nilai kepuasan penggunaan Facebook dan Google Plus ini tergantung dari pengguna masing-masing, puaskah dia ataupun tidak.
Grafik Pertumbuhan Google+ | betanews.com
Mari kita simak sedikit pembahasan mengenai Google Plus ini.

1. Google Plus adalah layanan social media baru dengan konsep baru, yang menitik beratkan pada grup tertarget dengan kemudahan membuat grup (Circles) dengan cara drag and drop. Pada Facebook juga telah menerapkan fitur ini berupa Daftar Teman.

2. Sebuah layanan di Google Plus memberikan perbedaan besar dengan Facebook, yaitu Hangout. Layanan Hangout adalah layanan video chatting yang bisa menampung 10 orang atau lebih dalam satu chatting secara simultan. Berbeda dengan Facebook yang baru-baru ini juga memberikan layanan dari pihak ketiga, yaitu Skype yang merupakan aplikasi, dan tidak mensupport Group Chat.

3. Tagging foto dan browsing foto yang lebih cepat. Di Google Plus anda dapat melihat pop up sebuah foto dari wall anda. Jadi lebih mudah dan simple, tidak seperti pada Facebook. Melakukan tag juga sangat mudah karena adanya Face detection otomatis.

4. Satu hal yang membuat Facebook sangat unggul adalah keberadaan banyaknya permainan di Facebook, sedangkan di Google Plus hal ini sampai ini diterbitkan belum tersedia.

5. Kebijakan nama pada Google Plus. Lebih daripada akun jejaring sosial lain, jika anda ingin mendaftar pada Google Plus, maka anda harus menyertakan nama asli, bukan nama samaran, apalagi nama al4y..! Namun ini sangat memberatkan bagi mereka yang ingin menjaga privasi mereka, dan bahkan ada juga yang telah mendaftar dengan nama asli, namun tetap ditolak dan akunnya ditangguhkan. Coba lihat kisah Blogger Violet Blue ini. Bagi saya merupakan kebijakan yang berat walaupun sebenarnya itu benar.

Sobat sendiri bagaimana..?
Silakan Share kisahnya. Admin cuman mau nyisip, kalausanya sampai sekarang akun milik admin masih ditangguhkan. Heheh.. :(
Social Media

Tambahkan komentar

Posting Komentar