Senin, 18 Maret 2013

Cara Menggunakan Android (Langkah Awal)

Android dewasa ini merupakan Operating System yang berkembang dengan sangat pesat, hal ini memungkinkan kita untuk tahu bagaimana cara menggunakan android dengan baik dan benar jika kita mempunyai HP maupun Gadget berbasis Android. Android yang kita tahu adalah sebuah OS (operating System) yang di keluarkan oleh Google, Android mempunyai beberapa seri yaitu 1.5 (Cupcake), 1.6 (Donut) , 2.1 (Éclair), 2.2 (Froyo), 2.3 (Ginger Bread) dan yang terbaru adalah 4.0 (ICS = Ice Cream Sanwich), 4.1 (JB = Jelly Bean).
Bagaimana cara menggunakan android? Secara umum Cara Menggunakan [dot] net akan mencoba menuliskannya disini :
Langkah-Langkah Awal Cara menggunakan Android

1. Setting Awal :

Pertama-tama masukkan kartu sim trus nyalakan HP atau Gadgetnya, biasanya akan muncul settingan wizard yang ada gambar androidnya, selanjutnya ikuti saja prosesnya. Atau jika terburu-buru bisa di skip-skip saja dulu, nanti bisa di setting kemudian. Setinglah yang perlu-perlu saja seperti jam dan tanggal di HP atau Gadget tersebut.

2. Setting Tanggal & Waktu :

Seting tanggal dan waktu masuk ke menu setting >> date & time dan sesuaikan dengan dengan wilayah dan tempat dimana anda berada, bisa secara manual ataupun otomatis, disarankan dengan menggunakan setingan otomatis karena akan lebih akurat.

3. Setting Bahasa & Keyboard :

Setting Bahasa dan keyboardnya masuk ke menu seeting >> language & keyboard kemudian sesuaikan dengan pilihan bahasa serta keyboard yang akan di gunakan, biasanya untuk bahasa tergantung firmware apakah sudah mendukung dengan bahasa local (Indonesia) ataukah belum, dan untuk keyboard biasanya sudah terinstal aplikasi keyboard bawaannya, jadi tinggal seting sesuai kebutuhan saja.

4. Setting Internet :

Untuk seting wizard lakukan dulu setting koneksi internetnya,( setting >> wireless and network), pilih pada mobile networks dan pastikan APN (acces point names) sudah terseting sesuai dengan provider yang anda miliki dan yang anda dipakai. Jika semua sudah terseting pastikan pada data enabled aktif atau tercentang. Jika sudah semua maka di notification bar (paling atas) akan muncul huruf H,E,G dengan anak panah) jika sudah mucul huruf itu berarti internet anda sudah aktif, Apabila apn belum terseting maka bisa menggunakan aplikasi Asisten APN

5. Setting Akun Gmail :

Selanjutnya setting dulu account gmailnya masuk ke menu setting >> accounts & settings, karena account gmail sangat penting diandroid yang nantinya akses ke market dan segala aplikasi google pasti membutuhan sync dari gmail. Caranya untuk mensetting akun gmail klik add account lalu klik google dan masukkan id serta password gmailnya. Setelah masuk maka gmail akan melakukan sinkronisasi dengan HH, hal itu di tandai dengan notification bar ada tanda lingkaran dengan anak panah. jika ingin menambahkan akun tertentu bisa menggunakan add account >> corporate.

6. Setting Aplikasi :

Seting aplikasi masuk ke menu setting >> Aplication, settingan ini berfungsi agar kita bisa menginstal aplikasi dari sdcard, bukan hanya dari market aja, serta agar apabila HH dikonekkan ke komputer atau laptop bisa langsung konek. Buka aplikasi lalu centang Unknown Sources, ini berfungsi agar kita nanti bisa menginstal aplikasi dari sdcard kemudian masuk development centang USB Debugging, ini berfungsi aga HH kita dikenali apabila konek ke komputer atau laptop kita.

Selamat menjalankan Langkah Awal Cara Menggunakan Android, jangan sampai ketagihan ya jika sudah menggunakan Android Market nya.[caramenggunakan.net]
Android Informasi Tech Tips Trik

3 komentar: Klik untuk berkomentar

makasih semoga jadi manfaat

thanks mas,,,,kalau bisa artikelnya dilengkapi gan biar makin betah berkunjung ke sini....blognya bagus

thanks mas,,,,kalau bisa artikelnya dilengkapi gan biar makin betah berkunjung ke sini....blognya bagus

Tambahkan komentar

Posting Komentar